Sunday, March 12, 2017

pengertian estuari



Estuari

Pengertian estuari
Estuari (muara) tempat bersatunya air sungai dengan air laut, sering dipengaruhi oleh lempengan lumpur intertidal yang luas atau rawa garam. Estuari sebagai perairan semi tertutup terdapat dihilir sungai dan masih berhubungan dengan laut. Sehingga memungkinkan terjadinya percampuran air laut dan air tawar dari sungai yang berasal dari muara sungai, teluk, rawa pasang surut.
          Nutrien dari sungai memperkaya estuari sehingga keseluruhan perairan estuari termasuk ekosistem sangat produktif namun paling mudah mendapat gangguan dari berbagai aktivitas manusia.
Ciri khas perairan estuari         :
1.      Produksi primer tinggi,
2.      Ekosistemnya memiliki keterkaitan dengan ekosistem darat, mangrove, lamun, terumbu karang, dan ekosistem laut lepas,
3.      Struktur jaringan makanan yang khas karena dicirikan oleh banyak terakumulasinya bahan detritus organik,
4.      Organisme estuari rentan terhadap perubahan lingkungan perairan seperti peningkatan suhu air, perubahan salinitas, dan penurunan kadar oksigen terlarut,
5.      Merupakan daerah peralihan dari kondisi perairan tawar ke laut,
6.      Terdapat berbagai macam kepentingan yang sering menimbulkan konflik.
Bentuk estuaria bervariasi dan sangat bergantung pada besar kecilnya air sungai, kisaran pasang surut, dan bentuk garis pantai. Estuaria didominasi oleh subsrat lumpur yang berasal dari endapan yang dibawa oleh air laut atau air tawar.
Sumber
Knox,G.A. 1986. Estuarine Ecosystem: A System Approach. Florida: CRC Press
Kramer, K.J.M.1994. Tidal Estuaries: Manual of Sampling and Analittycal Procedure. AA Balkema.

No comments:

Post a Comment

Nama :
Alamat E-mail :
Pesan :