Monday, March 13, 2017

TIPE-TIPE PASANG SURUT AIR LAUT



"Tipe – Tipe Pasang Surut Air Laut"

Nah, teman-teman mungkin kita sering melihat pantai di sekitar tempat tinggal kita dan
Tampa kita sadari ternyata ada perubahan dimana ada kala air laut bertambah banyak dan ada kala airpun berkurang, fenomena inilah yang disebut dengan pasang surut air laut, ternyata teman-teman pasang surut air laut itu berbeda-beda berdasarkan kejadian fenomena dalam sehari, sehingga terjadi tipe pasut yang berlainan di sepanjang pesisir. Terdapat tiga tipe pasut yang dapat diketahui (Dronkers,1964), yaitu:
1)      Pasang surut diurnalBila dalam sehari terjadi satu satu kali pasang dan satu kali surut. Biasanya terjadi di laut sekitar katulistiwa.
2)      Pasang surut semi diurnal. Bila dalam sehari terjadi dua kali pasang dan dua kali surut yang hampir sama tingginya.
3)      Pasang surut campuran. Gabungan dari tipe 1 dan tipe 2, bila bulan melintasi khatulistiwa (deklinasi kecil), pasang surutnya bertipe semi diurnal, dan jika deklinasi bulan mendekati maksimum terbentuk pasang surut diurnal.

Pasang surut juga terjadi di Indonesia dibagi menjadi 4 (Wyrtki, 1961), yaitu:
1)      Pasang surut harian tunggal (Diurnal Tide)
Pasang surut yang hanya terjadi satu kali pasang dan satu kali surut dalam satu hari. Contohnya, terdapat di Selat Karimata.
2)      Pasang surut harian ganda (Semi Diurnal Tide)
Pasang surut yang terjadi dua kali pasang dan dua kali surut yang tingginya hampir sama dalam satu hari. Contohnyaterdapat di Selat Malaka hingga Laut  Andaman.
3)      Pasang surut campuran condong harian tunggal (Mixed Tide, Prevailing Diurnal)
Pasang surut yang tiap harinya terjadi satu kali pasang dan satu kali surut tetapi terkadang dengan dua kali pasang dan dua kali surut yang sangat berbeda dalam tinggi dan waktu. Contohnya terdapat di Pantai Selatan Kalimantan dan Pantai Utara Jawa Barat.
4)      Pasang surut campuran condong harian ganda (Mixed Tide, Prevailing Semi Diurnal)
Pasang surut yang terjadi dua kali pasang dan dua kali surut dalam sehari tetapi terkadang terjadi satu kali pasang dan satu kali surut dengan memiliki tinggi dan waktu yang berbeda. Contohnya terdapat di Pantai Selatan Jawa dan Indonesia Bagian Timur.
 Sumber:
Suardi, Yogi. 2011. Pasang surut. Di akses tgl 28-0116

.
Subagio, Heru. 2011. Pasang Surut Air Laut. Di akses tgl 28-01-2016

(http://herugio1.blogspot.com/2010/01). Diakses tanggal 28 Januari 2016.

No comments:

Post a Comment

Nama :
Alamat E-mail :
Pesan :