Friday, March 10, 2017

karang



RINGKASAN
Nama   : Robinson
NIM    : 2014 64 002
Tugas   : Metode Ilmiah
Bukit karang berfungsi sebagai tempat kediaman, seperti penghalang, danau di pinggir laut dengan tambalan dari  ukuran yang berbeda  dan lamun sebagai tempat tidur/alas. Kelompok tertentu jenis ikan yang secara langsung bersimbiosis di batu karang dan sebagai tempat kediaman baik seacara seluruh hidup mereka ataupun hanya sementara . contoh ika yang hidup di sekitar karang seperti scarids, acanthurids, chaetodontids, pomacanthids, dan banyak jenis labrids dan pomacentrids, tidak hanya tinggal batu karang tetapi juga dihubungkan dengan
 Pola memanjang pergerakan yang sangat dibatasi ( Choat Dan Bellwood, 1991).
Ekosistem Batu karang Caribbean menyediakan keindahan yang sangat berharga kepada orang-orang/turisme dan juga fasilitas seperti, alat pemasukan udara penyelaman (O2), dan pemancingan yang berkenaan dengan rekreasi) dan terkait dengan batu karang, pemancingan komersil dan lain-lain. Karang berbatu-batu (Pocillopora damicornis) secara biologis merupakan suatu tiang pokok penting dalam suatu ekosistem ( Yamashita et Al., 2014). Karang berbatu dapat ditemukan di lautan tropis, tergantung pada hubungan timbal – balik antara karang dan alga. Dalam hubungan simbiosis ini, karang berbatu-batu menyediakan gas asam-arang untuk  proses fotosintesis zooxanthellae dan menghasilkan zat photosynthetic ke karang berbatu-batu ( Shinzato et Al., 2011). Atas dasar simbiotik ini hubungan bukit karang dikenal di dunia sebagai ekosistem yang produktif dan berisi suatu keanekaragaman jenis luar biasa.
 Miskipun dalam monitoring data jangka panjang menunjukkan bahwa Batu karang Caribbean mengalami kemunduran, sebagai akibat pengurangan substansiil sebagai akibat sejumlah kronis, kesehatan karang dan faktor saling berinteraksi, termasuk daratan yang tidak cukup menggunakan perencanaan, pengambilan sumber daya laut yang berlebihan dan penggunaan Isotop radioaktif karbon yang bersumber dari emisi yang berupa bahan bakar fosil, senjata nuklir yang menguji isotop radioaktif karbon, pembakaran bensin dan aktivitas industri yang menghasilkan Pb. Evolusi isotop radioaktif karbon dan Pb di dalam permukaan samudra telah didokumentasikan oleh banyak studi melalui/sampai mengarahkan analisa permukaan permukaan laut ( Linick, 1980;Schaule Dan Patterson, 1983;Broecker etal., 1985 Boyle Etal., 1986.
Miskipun dalam monitoring data jangka panjang menunjukkan bahwa Batu karang Caribbean mengalami kemunduran, sebagai akibat pemamfaatan yang tidak berkelanjutan dan Global warning yang di sebabkan oleh aktivitas manusia yang mengakibatkan mempercepat peningkatan kenaikan temperatur, samudra acidification, dan peristiwa eutrophication . kondisi ini yang akhirnya akan mengancam hidup karang dan ketahanan bukit karang yang ada di seluruh dunia ( Bellwood et Al., 2004; Seemann et Al., 2014). Peningkatan konsentrasi gas asam-arang secara cepat di atmosfer , yang dipengaruhi oleh pemanasan global dan samudra acidification merupakan suatu ancaman serius terhadap hidup karang ( Hoegh-Guldberg et Al., 2007). Pertumbuhan Karang di bawah tekanan ini akan mempengaruhi kondisi yang lebih peka terhadap jasad renik pathogenic, yang dapat mendorong kearah penyakit karang dan mengelantang ( Mydlarz et Al., 2009; Weis,2008). Eutrophication perairan pantai baru-baru ini dimunculkan sebagai krisis yang di sebabkan oleh pembuangan dari industri dan limbah domestik yang menghasilkan bahan nutrien yang berlimpah secara langsung ke dalam laut. ( Cheevaporn Dan Menasveta, 2003; Fabricius, 2011; Fabricius, 2005).
Sebagai konsekwensinya, ahli ilmu biologi angkatan laut mengevaluasi dan monitoring pertumbuhan karang. Karena, sejak dinamika populasi dari hewan tak bertulang punggung ini merupakan suatu indikator dari perubahan ekologis dan anthropogenic pressure(Ferrigno et al., 2016; Lirman et Al., 2014). individu Demographicvariables, seperti umur, panjangnya disk lisan, dan ukuran badan. aktivitas reproduktif yang bergantung pada seberapa cepat karang menjangkau ukuran untuk reproduksi. Pertumbuhan yang  tidak linier ini berfungsi sebagai mata rantai ikan dan hewan tak bertulang punggung.

No comments:

Post a Comment

Nama :
Alamat E-mail :
Pesan :