Sunday, March 12, 2017

pengertian populasi



POPULASI
Nah, teman-teman kali ini saya akan membahas tentang judul diatas yaitu apa sih populasi itu?
Untuk tidak kebingungan dalam benak hati teman-teman langsung saja kita bahas dan baca di bawah ini yah,,,;)
Populasi adalah sekumpulan individu yang sejenis dan hidup di suatu daerah dengan waktu tertentu. Contoh suatu populasi adalah sebuah kolam ikan, Populasi pohon kepala dikelurahan tegakan di tahun 1989 berjumlah 2552 batang dll.

Nah teman-teman ternyata populasi juga bisa berubah-ubah, sepeti apa yah berubahnya apa mungkin jadi power ranger,,hehehehe,,,langsung saja kita liat penjelasan berikut ini.

Mengapa ukuran populasi berubah setiap waktu. Perubahan ukuran populasi dinamakan dinamika populasi. Perubahan yang dihitung menggunakan rumus perubahan jumlah dibagi waktu. Hasilnya adalah kecepatan perubahan dalam populasi. Contohnya di tahun 2016 populasi ikan Napoleon di laut teluk Ambon ada 700 ekor. Kemudian di tahun 2017 dihitung lagi ada 500 batang ekor ikan napoleon. Faktanya, selama 10 tahun terjadi pengurangan jenis ikan napoleon sebanyak 200 ekor. Untuk mengetahui kecepatan perubahan maka kita membagi jumlah ikan yang berkurang dengan lamanya waktu perubahan terjadi.

Eh ,,,,ngomongin ikan napoleon, teman-teman tau gak ikan napoleon itu?
Ternyata teman-teman ikan napoleon adalah spesies ikan purbakala, artinya bagi teman-teman yang rumahnya dekat laut,trus mancing dan mendapatkan ikan itu,teman-teman tidak bisa di bawa kerumah, apalagi menggorengnya. Kenapa? Karena ikan napoleon sudah dilindungi berarti ikan jenis itu merupakan warisan pada jaman dahulu kala dan itu masih hidup hingga sekarang, wah-wah,,,,,teman-teman juga harus melindungi yah,,,

No comments:

Post a Comment

Nama :
Alamat E-mail :
Pesan :