Friday, March 10, 2017

Pembagian wilayah-wilayah laut di Indonesia



Pertanyaan !
1.      Pembagian wilayah-wilayah laut di Indonesia!
2.      Rekonstruksi proses terjadinya El Nino (gelombang kelvin)!
3.      Rekonstruksi proses terjadinya La Nina (gelombang rossby)!
4.      Jelaskan pengertian signal dan gelombang!
5.      Cari web tentang tagging (penandaan) pada ikan!
6.      Proses terjadinya El Nino dan La Nina!
7.      Contoh aplikasi signal dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban !
1.      Pembagian wilayah-wilayah laut di Indonesia!





Gambar 1. Pembagian wilayah-wilayah laut di Indonesia
a.       Laut Arafura
Laut Arafura terletak di ujung tenggara wilayah Indonesia. Letaknya berada di antara benua Australia dan pulau Papua. Sebelah barat berbatasan dengan laut Banda (kepulauan Maluku) dan laut Timur. Kedalaman lautnya yang terdalam mencapai 3,6 km.
a.       Laut Banda
Laut Banda terletak dikepulauan Maluku bagian selatan. Di sebelah tenggara terdapat gugusan pulau-pulau dari kepulauan Maluku yang memisahkannya dengan laut Arafura. Di sebelah selatan terdapat pulau-pulau Nusa Tenggara Timur.

b.      Laut Flores
Laut Flores terletak diantara pulau Sulawesi (di sebelah utara) dan kepulauan Nusa Tenggara. Titik terdalam di laut Flores mencapai 5,1 km.
c.        Laut Jawa
Laut Jawa terletak di antara pulau Jawa (di sebelah selatan) dan  pulau Kalimantan (di sebelah utara). Di sebelah barat daya terhubung dengan Samudera Indonesia (Hindia) melalui Selat Sunda dan di bagian barat laut terhubung dengan laut Cina Selatan melalui Selat Karimata.
d.      Laut Maluku
Laut Maluku terletak di antara pulau kepulauan Maluku (Maluku Utara) di sebelah timurnya, Pulau Sulawesi (Sulawesi Utara dan Tengah) di bagian barartnya, serta pulau Taliabu dan pulau Mangoli (Maluku Utara) di sebelah selatannya. Terhubung dengan laut Serat di sebelah tenggara, laut Banda di sebelah selatan, dan laut Sulawesi di sebelah uatara.
e.       Laut Halmahera
Laut Halmahera terletak diantara pulau Halmahera, MalukuUtara (di sebelah barat) dan pulau-pulau di ujung timur pulau Papua (di sebelah timur). Di sebelah timur laut terhubung dengan Samudera Pasifik.
f.       Laut Seram
Laut Seram terdapat di sebelah utara pulau Seram (Maluku) dan di sebelah barat pulau Papua.
g.      Laut Sulawesi
Laut Sulawesi terdapat di sebelah utara pulau Sulawesi, di sebelah timur pulau Kalimantan (Kalimantan Utara), dan pulau-pulau di Filipina. Di sebelah timur di pisahkan dari Samudera Pasifik oleh pulau-pulau kecil Sulawesi seperti pulau Sangihe dan Karakelong.
h.      Laut Timor
Laut Timor terletak di antara benua Australia dan Pulau Timor (Timor Leste dan NTT). Di sebelah barat daya terhubung dengan Samudera Hindia sedangkan di bagian timur terhubung dengan Laut Arafuru.

i.        Laut Sawu
Laut Sawu terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Di sekitarnya terdapat Pulau Sumba, Pulau Sawu, Pulau Rote, Pulau Timor dan Pulau Flores. Kedalaman laut Sawu mencapai 3,4 km.
j.        Laut Natuna
Laut natuna terletak di Provinsi Kepulauan Riau yang sebelah utara dan timur berbatasan langsung dengan Laut Tiongkok Selatan
k.      Laut Tiongkok Selatan
Laut Tiongkok Selatan terletak disebelah selatan Tiongkok dan Taiwan, di sebelah barat filiphina, disebelah barat laut Sabah, Serawak dan Brunai, disebelah Utara Indonesia, disebelah timur laut Semenanjung Malaya dan Singapura dan disebelah timur Vietnam

·         Batas Wilayah Laut Indonesia Berdasarkan Konferensi Hukum Laut Internasional yang Telah disepakati oleh PBB








Gambar 2. Perairan Nusantara
·         Zona Laut Teritorial. Zona laut teritorial adalah jalur laut yang berjarak 12 mil laut dari garis dasar ke laut lepas. Garis dasar adalah garis khayal yang menghubungkan titik-titik dari ujung-ujung pulau. Sebuah negara mempunyai kedaulatan sepenuhnya sampai batas laut teritorial. Akan tetapi, negara tersebut harus menyediakan jalur pelayaran lintas damai baik di atas maupun di bawah permukaan laut. Batas teritorial Indonesia telah diumumkan sejak Deklarasi Djoeanda pada tanggal 13 Desember 1957.
·         Zona Landas Kontinen. Landas kontinen adalah dasar laut yang merupakan lanjutan dari sebuah benua. Landas kontinen memiliki kedalaman kurang dari 150 meter. Landas kontinen diukur dari garis dasar, yaitu paling jauh 200 mil laut. Penentuan landas kontinen Indonesia dilakukan dengan melakukan perjanjian dengan negara-negara tetangga. Pada tahun 1973 pemerintah Indonesia mengeluarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1973 tentang. Landas Kontinen Indonesia. Indonesia terletak di antara dua landas kontinen, yaitu Benua Asia dan Australia. Pada zona ini suatu negara mempunyai kewenangan untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada di dalamnya. Negara tersebut juga harus menyediakan jalur pelayaran yang terjamin keselamatan dan keamanannya.
·         Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) adalah jalur laut selebar 200 mil laut ke arah laut terbuka diukur dari garis dasar. Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) diumumkan pada tanggal 21 Maret 1980. Di zona ini negara Indonesia memiliki hak untuk melakukan eksplorasi, eksploitasi, konservasi, dan pengelolaan sumber daya alam yang ada.
2.      Rekonstruksi proses terjadinya El Nino (gelombang kelvin)!
Video
3.      Rekonstruksi proses terjadinya La Nina (gelombang rossby)!
Video

4.      Pengertian signal dan gelombang
·         Signal adalah suatu gejala fisika dimana satu atau lebih dari karakteristiknya melambangkan informasi.
·         Gelombang adalah gejala rambatan dari suatu getaran/usikan. Gelombang akan terus terjadi apabila sumber getaran ini bergetar terus menerus. Gelombang membawa energi dari satu tempat ke tempat lainnya.



5.      Tagging pemberian tanda pada tubuh ikan
Tagging adalah pemberian tanda kepada tubuh ikan dengan membubuhkan benda asing. Benda yang digunakan adalah benda-benda yang tidak mudah berkarat seperti perak, alumunium, nikel, plastik, ebonit, selluloid, dan lain-lain. Pada tag ini dapat diberi tanggal, nomor seri atau kode lainnya yang dapat memberi keterangan atau pesanan kepada yang menemukan ikan yang mempunyai tag tersebut. Hal ini merupakan salah satu keuntungan dibanding dengan marking sehingga memudahkan identifikasi individu yang telah diberi tag.
Bagian tubuh ikan yang biasa diberi tanda:
·         Bagian kepala :
– tulang rahang bawah
– tutup insang
·         Bagian tubuh :
– bagian depan sirip punggung
– bagian belakang sirip punggung
– bagian dalam tubuh
– bagian sirip lemak (adipose fin)
– batang ekor
Tujuan pemberian tanda pada ikan ialah untuk mengenal kembali ikan yang telah diberi tanda. Kegunaannya antara lain untuk mempelajari:
-  Parameter populasi
1. Kepadatan
2. Kecepatan mortalitas
3. Kecepatan eksploitasi
4. Kecepatan recruitmen




6.      Proses terjadinya El Nino dan La Nina

·         Proses terjadinya El Nino
El Nino adalah fenomena perubahan iklim secara global yang diakibatkan oleh memanasnya suhu permukaan air laut Pasifik bagian timur. El Nino terjadi pada 2-7 tahun dan bertahan hingga 12-15 bulan (Sarachik, 2010). Ciri-ciri terjadi El Nino adalah meningkatnya suhu muka laut di kawasan Pasifik secara berkala dan meningkatnya perbedaan tekanan udara antara Darwin dan Tahiti (Irawan,2006).Indikator terjadinya El Nino ditunjukkan oleh nilai indeks osilasi selatan atau biasa disebut Southern Oscillation Index (SOI). Apabila terjadi El Nino maka nilai indeks osilasi selatan akan berada pada nilai minus dalam jangka waktu minimal 3 bulan dan sebaliknya untuk La Nina. Nilai SOI di kawasan Asia Tenggara berkorelasi kuat dengan curah hujan, karena itu nilai SOI merupakan indikator yang baik terhadap curah hujan di kawasan tersebut (Podbury, 1998).  Namun nilai SOI negatif tidak selalu diikuti dengan penurunan curah hujan secara drastis jika tidak begitu ekstrim. Jika nilai SOI berada pada -10 atau kurang maka dapat terjadi penurunan curah hujan secara drastis, dan jika lebih dari 10 maka terjadi peningkatan curah hujan secara drastis (Irawan, 2006).
·         Proses terjadinya La Nina
Pada saat terjadi La Nina angin pasat timur yang bertiup di sepanjang Samudra Pasifik menguat ( Sirkulasi Walker bergeser ke arah Barat ). Sehingga massa air hangat yang terbawa semakin banyak ke arah Pasifik Barat. Akibatnya massa air dingin di Pasifik Timur bergerak ke atas dan menggantikan massa air hangat yang berpindah tersebut, hal ini biasa disebut upwelling. Dengan pergantian massa air itulah suhu permukaan laut mengalami penurunan dari nilai normalnya. La Nina umumnya terjadi pada musim dingin di Belahan Bumi Utara Khatulistiwa.



Contoh proses terjadi El-nino dan La nina pada bulan januari 1996
http://www.pmel.noaa.gov/cache-tao/sy1/bmrc/dep_lon_199601_0_t_lf_inline_2016052204.gif
PLaut La Nina
               Gambar 3. Proses Terjadinya La Nina

7.      Contoh aplikasi sinyal dalam kehidupan sehari-hari
Dalam era modern sekarang ini, istilah sinyal tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Hampir semua peralatan elektronik di sekitar kita saat ini telah menggunakan system sinyal digital dalam pemrosesannya, yang biasa dikenal dengan sinyal digital. Istilah sinyal digital merupakan istilah dari suatu teknologi yang mengubah suatu sinyal analog menjadi menjadi data digital sehingga sinyal dapat diproses lebih mudah dan cepat. Istilah digital sendiri adalah suatu sistem yang hanya mengenal dua kondisi. Dua kondisi tersebut biasanya diwakili oleh angka nol dan satu, on dan off, maupun yang lainnya. Satuan terkecil dari sinyal digital adalah bit.
Kelebihan-kelebihan pemrosesan sinyal digital yang telah disebutkan di atas menyebabkan pemrosesan sinyal digital lebih banyak digunakan untuk berbagai aplikasi dalam kehidupan sehari-hari dan telah menjadi suatu kebutuhan yang hampir tak bisa dipisahkan dari gaya hidup manusia modern saat ini. Adapun beberapa contoh penggunaan sinyal dalam kehidupan sehari-hari :
-          aplikasi pengolahan suara pada kanal telepon,
-          pemrosesan citra serta transmisinya,
-          dalam bidang seismologi dan geofisika,
-          eksplorasi minyak, deteksi ledakan nuklir,
-          pemrosesan sinyal yang diterima dari luar angkasa.

















No comments:

Post a Comment

Nama :
Alamat E-mail :
Pesan :