Friday, March 10, 2017

LAPORAN PRATIKUM AVERTEBRATA AIR FILUM ANELIDA



LAPORAN PRATIKUM AVERTEBRATA AIR
FILUM ANELIDA
D
I
S
U
S
U
N
OLEH : 
ROBINSON ( 2014 64 002 )

ILMU KELAUTAN
MENEJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN
PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN
AMBON
2016
KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala Rahmat, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan LAPORAN PRATIKUM AVERTEBRATA AIR dalam bentuk maupun isinya yang mungkin sangat sederhana. Laporan ini berisikan tentang ANELIDA yang terdapat di pantai Mahalatu.
          Semoga laporan ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman dan juga berguna untuk menambah pengetahuan bagi para pembaca.
          Laporan ini saya akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat terbatas. Oleh karena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan laporan ini.



Ambon, 28 November 2016


Penyusun
                                                                                                        Kelompok III



DAFTAR ISI
Hal
Cover
Kata Pengantar……………………………………………………………………   i
Daftar isi………………………………………………………………………….    ii
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang…………………………………………………………………...     1
Tujuan……………………………………………………………………………     2
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Dasar Teori……………………………………………………………………….     2
BAB III METODOLOGI
Waktu dan Tempat……………………………………………………………….    4
Alat dan Bahan…………………………………………………………………...    4
Prosedur kerja…………………………………………………………………….    5
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
Hasil………………………………………………………………………………    5
Pembahasan……………………………………………………………………….   6
BAB V PENUTUP
Kesimpulan ………………………………………………………………………    6
Saran ……………………………………………………………………………..    7
DAFTAR PUSTAKA



 

BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Filum Annelida merupakan cincin kecil bentuk, berarti cacing yang berbentuk cincin kecil. Cacing-cacing yang termasuk dalam filum ini, tubuhnya bersegment- segment. Mereka hidup di dalam tanah yang lembab, dalam laut, dan dalam air tawar. Pada umumnya Annelida hidup bebas, ada yang hidup dalam liang, beberapa bersifat komensal pada hewan-hewan aquatic, dan ada juuga yang bersifat parasit pada vertebrata. Annelida di samping tubuhnya bersegment-segment, juga tertutup oleh kultikula yang merupakan hasil sekresi dari epidermis; sudah mempunyai sistem nervosum, sistem kardiovaskula tertutup, dan sudah ada rongga badan atau celom (Radiopoetro 1996: 284).
Annelida menguasai komunitas cacing yang hidup di pantai laut. Mereka dapat dikenal dari tubuhnya yang panjang dan bergelang-gelang. Setiap gelang atau ruas terkait dengan satu kompartemen atau ruang di dalam tubuhnya. Organ-organ yang sama terdapat di masing-masing ruas. Filum Annelida terdiri dari lima kelas, yakni: kelas Chaetopoda, yakni Annelida yang hidup di laut, air tawar dan di darat, dengan ruas-ruas tubuh yang kelihatan nyata. Kelas Archiannelida, cacing kecil tanpa bulu-kaku atau tanpa parapodia. Kelas Hirudinea , lintah, hidup di darat dan di laut. Tubuhnya pipih atas bawah dengan sebuah prostomium. Kelas Gephyrea, cacing Annelida tanpa ruas, bulu kaku dan parapodia. Kelas Myzostomaria, cacing parasit pada Echinodermata (Rohmimohtarto 2007: 163).
Nama ilmiah maupun nama biasa untuk filum ini menunjukkan suatu ciri yang nyata pada hewan-hewan yang tergolong di dalamnya. Tubuh Annelida terdiri dari deretan segment-segment yang serupa. Kita telah melihat segmentasi pada Arthropoda, tetapi segmentasi pada Annelida berkembang lebih lanjut. Tiap-tiap alur di luar menunjukkan suatu penyekatan di dalam, sehingga cacing tadi terdiri dari suatu deretan rongga-rongga yang kira-kira serupa. Banyak alat-alat dalam dibentuk berulang dalam setiap bilik. Dari muka terus ke belakang dan menembus tiap-tiap sekat, terdapat suatu tabung makanan, untuk mencerna makanan. Pada umumnya Annelida mempunyai apendiks-apendiks, tetapi apendiks ini tidak bersendi seperti pada Arthropoda. Saraf pusat Annelida terdapat dekat permukaan bawah (Sastrodinoto 1998: 162).
Samoa palolo palolo worm atau cacing (Palola viridis) adalah istilah yang digunakan diketahui dalam kelompok 3 jurnalisme Paloma. Mereka tinggal di terumbu karang Andujar. Tetapi bahkan jika Anda tinggal di sana, memiliki lebih aksen Cordovan Juanca jika Anda menyentuhnya "cojoneh" marah
Reproduksi melibatkan pemijahan massal pada malam hari di musim semi atau awal musim panas (Oktober-November di belahan bumi selatan). Bagian terminal tubuh mereka drop off dan mengapung di atas permukaan air, melepaskan sperma dan telur. Mekanisme atau pemicu yang menyebabkan pemijahan sedemikian rupa sehingga terjadi selama malam bulan berkurang, terus selama beberapa malam, tidak sepenuhnya diketahui.
I.2 Tujuan Pratikum
Adapun tujuan dari praktikum ini adalah untuk mengetahui dan mengamati habitat, ciri dan jenis, serta mengidentifikasi dan mengklasifiksikan phylum Anelida pada suatu area pengamatan.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Dasar Teori
Annelida dalam bahasa latin, annulus= cincin, atau cacing gelang adalah kelompok cacing dengan tubuh bersegmen. Berbeda dengan pltyhelminthes dan nematyhelminthes, annelida merupakan hewan triploblastik yang sudah memiliki rongga tubuh sejati atau hewan selomata. Namun annelida merupakan hewan yang struktur tubuhnya paling sederhana. Filum annelida terdiri dari cacing berbuku-buku seperti cacing tanah. Perkembangan buku-buku badan ini memungkinkan adanya pembentukan fungsi yang berbeda dalam ruas badan (segmentasi) yang berbeda. Annelida memiliki coelom yang besar untuk mengakomodasi organ dalam yang lebih kompleks. Terdapat sekitar 12,000 jenis di laut, air tawar, dan daratan, terbagi menjadi tiga kelas (Alvyanto, 2010:31).
Jumlah Annelida yang telah dikenal sekitar 15.000 spesies dengan ukuran yang bervariasi, dari yang panjangnya 1 mm hingga 3 m. Annelida dapat hidup di berbagai tempat, baik di air tawar, air laut, atau daratan. Umumnya hidup bebas, meskipun ada yang bersifat parasit. Cacing ini mempunyai tingkatan lebih tinggi dibanding dengan kedua kelompok  cacing yang telah dibahas sebelumnya. annelida memiliki bentuk tubuh bilateral, dengan tubuh beruas-ruas dan dilapisi lapisan kutikula nonchitinous serta dilengkapi pula oleh sejumlah bristle chitin yang disebut setae. Cacing ini terbagi sesuai dengan ruas-ruas tubuhnya terbagi sesuai dengan ruas-ruas tubuhnya dan satu sama lain dibatasi dengan sekat (septum). Pembuluh darah, sistem saraf, dan sistem ekskresi di setiap segmen saling berhubungan melewati septa. Meskipun demikian, antara ruas satu dengan ruas lainnya tetap berhubungan sehingga terlihat seperti cincin yang terkoordinasi (Budiyanto, 2013: 13).
Tanda-tanda karakteristik filum Annelida yaitu: 1) Bilateral; simetris; tubuh panjang dan jelas bersegmen-segmen, 2) Adanya alat gerak yan berupa bulu-bulu kaku (setae) pada tiap segment (tidak terdapat pada beberapa bentuk), 3) Badan tertutup oleh kultikula yang licin, 4) Dinding badan dan traktus digestivus dengan lapisan otot sirkuler dan longitudinal, 5) Traktus digestivus lengkap, tubuler, memanjang sesuai dengan sumbu badan, 6) Sistem kardiovaskular adalah sistem tertutup, pe,mbuluh-pembuluh darah membujur, 7) Respirasi dengan kulit, 8) Organ eksresi terdiri atas sepasang nephridia pada tiap segment, 9) Sistem pusat terdiri atas sepasang ganglia cerebrales pada ujung dorsal otak, 10) Kebanyakan bersifat hermaphrodit dan perkembangan secara langsung (Radiopoetro 1996: 284).


BAB III
METODOLOGI
3.1 Waktu dan Tempat
Adapun waktu dan tempat dilaksanakanya praktikum ini adalah sebagai berikut :
Di lapangan     :      
Hari / Tanggal : Sabtu / 19 November 2016
Waktu             : Pukul 08. 00 – selesai
                          Tempat            : Daerah Liliboy ( Pantai Mahalatu )
Di laboratorium :
Hari / Tanggal : Rabu / 23 November 2016
Waktu             : Pukul 13. 00 – 14.00 WIT.
Tempat            : Laboratorium Avertebrata
3.2  Alat dan Bahan
          Adapun alat dan bahan yang digunakan pada saat praktikum adalah    sebagai berikut:
Di lapangan :
      a.        Alat
- Sarung Tangan
-   Toples
-  Papan oles
-   Alat Tulis Menulis
- Tali transek
      b.       Bahan
                -       Alcohol 70 %
Di laboratorium
      a.        Alat
-  Papan oles
-   Alat Tulis Menulis
- Penggaris
- Alat pembedah ( Pingset )
      b.       Bahan
                -       Sampel Echinodermata
          3.3     Prosedur kerja
          Adapun prosedur kerja yang dilakukan dalam praktikum ini adalah:
Di lapangan :
1.      Mengobservasi lokasi atau kawasan yang akan di lakukan pengamatan
2.      Mengamati habitat, ciri-ciri dan bentuk Phylum Anelida
3.      Mengambil sampel Phylum Anelida
4.      Memasukkan sampel ke dalam toples
Di laboratorium :
Mengidentifikasi, mengklasifikasi dan menggambar bagian-bagian serta mencatat habitat dan ciri-ciri sampel Phylum Anelida yang ditemukan.

BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1 Hasil
Adapun hasil pengamatan yang diperoleh pada praktikum ini adalah sebagai berikut:
No
KLASIFIKASI
GAMBAR
1
KELAS POLYCHAETA
 
Kingdom : Animalia
Phylum    : Annelida
Kelas      : Polychaeta
Ordo      : Eunicaida
Family    : Eunicidae
Genus     : Palola
Spesies   : P. viridis
Nama umum :

4.2 Pembahasan
Morfologi :

Pada organisme ini memiliki panjang 15 cm. untuk mengamati morfologinya kita harus menggunakan mikroskop,karena tidak  tersedianya mikroskop sehingga kami hanya mengukur panjang dari specimen ini saja.pada spesies ini memiliki tubuh yang bersegmen atau beruas-ruas yang dilengkapi dengan setae dan beberapa parapodia.ketika berada dalam air parapodinya sangat jelas terlihat sedangkan yang tidak berada dalam air parapodia tidak terlihat jelas.
Bentuk dari annelida adalah : bilateral simetris
1.      tripoblastik selomata, namun paling sederhana dibanding dengan
            hewan tripoblastik selomata lainnya.
2.      memiliki panjang tubuh sekitar 1 mm hingga 3 m seperti cacing 
            tanah dari australia (Digaster longmani)
3.      memiliki segmen di bagian luar dan dalam tubuhnya.
4.      Antara satu segmen dengan segmen lainya terdapat sekat yang disebut septa yang bersifat metameri (tiap ruas memiliki sistem organ yang lengkap: misal peredaran darah, ekskresi dan sistem saraf)
5.      pada kulitnya terdapat duri-duri halus yang disebut seta  
            (keberadaan seta dalam tubuhnya dijadikan dasar pengelompokkan 

BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Annelida dalam bahasa latin, annulus= cincin, atau cacing gelang adalah kelompok cacing dengan tubuh bersegmen. Berbeda dengan pltyhelminthes dan nematyhelminthes, annelida merupakan hewan triploblastik yang sudah memiliki rongga tubuh sejati atau hewan selomata. Namun annelida merupakan hewan yang struktur tubuhnya paling sederhana. Filum annelida terdiri dari cacing berbuku-buku seperti cacing tanah. Perkembangan buku-buku badan ini memungkinkan adanya pembentukan fungsi yang berbeda dalam ruas badan (segmentasi) yang berbeda. Annelida memiliki coelom yang besar untuk mengakomodasi organ dalam yang lebih kompleks. Terdapat sekitar 12,000 jenis di laut, air tawar, dan daratan.
karakteristik filum Annelida yaitu: 1) Bilateral; simetris; tubuh panjang dan jelas bersegmen-segmen, 2) Adanya alat gerak yan berupa bulu-bulu kaku (setae) pada tiap segment (tidak terdapat pada beberapa bentuk), 3) Badan tertutup oleh kultikula yang licin, 4) Dinding badan dan traktus digestivus dengan lapisan otot sirkuler dan longitudinal, 5) Traktus digestivus lengkap, tubuler, memanjang sesuai dengan sumbu badan, 6) Sistem kardiovaskular adalah sistem tertutup, pe,mbuluh-pembuluh darah membujur, 7) Respirasi dengan kulit, 8) Organ eksresi terdiri atas sepasang nephridia pada tiap segment, 9) Sistem pusat terdiri atas sepasang ganglia cerebrales pada ujung dorsal otak, 10) Kebanyakan bersifat hermaphrodit dan perkembangan secara langsung
Adapun jenis - jenis spesies yang kami dapatkan yang dapat mewakili setiap kelas dari Phylum ini adalah P. viridis  (Polychaeta)
5.2 Saran
Adapun saran kami yaitu agar praktikum membawa lebih banyak spesimen agar organisme yang diamati lebih banyak dan bahan yang dibawa adalah bahan yang masih segar agar kita bisa mendapatkan hasil pengamatan yang maksimal.

DAFTAR PUSTAKA

No comments:

Post a Comment

Nama :
Alamat E-mail :
Pesan :